Jasa Pembuatan Ruang Sauna yang Berkualitas

 

Jasa pembuatan ruang sauna hadir sebagai salah satu jasa yang dapat membuat sebuah sauna yang tak hanya bagus namun juga berkualitas. Sauna sendiri merupakan sebuah ruangan kecil yang dirancang sedemikian rupa untuk aktivitas mandi uap ataupun pemanasan tubuh.

Istilah sauna sendiri merujuk pada bangunan atau fasilitas dengan ruangan untuk mandi uap. Pembuatan sauna ini dibagi menjadi dua jenis, yakni sauna biasa yang dapat memanaskan udara serta sauna infra merah yang bisa memanaskan benda dalan ruang tersebut. Umumnya jenis sauna infra merah menggunakan beberapa material untuk melakukan pemanasan, seperti serat karbon, arang, dan lainnya.

Lantas seperti apa proses pembuatan ruang sauna ini? Anda bisa menyimaknya pada ulasan selengkapnya di bawah ini!

 

Mengetahui Bagaimana Proses Pembuatan Ruang Sauna

                Pembuatan ruang sauna melalui beberapa langkah afar dapat menghasilkan sauna yang bagus dan berkualitas. Langkah-langkah tersebut antara lain:

  1. Penentuan layout ruangan

Langkah pertama dalam membuat sauna adalah dengan menentkan seperti apa layout dari ruangan tersebut. Layout di sini berarti seperti apa peletakan dan berapa ukuran dalam pembuatan ruangan tersebut. Hal ini demi mendapatkan ruangan yang baik dan benar.

Dalam penentuan layout ruangan ini sendiri, khususnya dalam hal menentukan ukuran dan kapasitasnya ada baiknya setiap peletakan dibuat sedemikian rupa sehingga ruangan bisa sangat fungsional dan nyaman digunakan.

Misalnya saja dengan memperhatikan bangku yang memudahkan pengguna dalam bersantai. Tak hanya itu, peletakan tungu sauna juga harus tepat agar pemanasan ruangan bisa merata dan juga konsisten. Pasalnya, langkah yang satu ini memang fokus terhadap beberapa hal fungsional lebih dulu sebelum menuju desain tampaknya.

Beberapa hal di atas merupakan pondasi awal yang perlu ditentukan dengan baik sehingga dapat dibuat sebuah ruangan yang benar dan dapat mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Desain ruang sauna dan materialnya

Setelah Anda berhasil menentukan ukuran, kapasitas, dan layout ruangan maka Anda bisa menuju tahap selanjutnya. Yakni dalam hal desain ruangan yang dapat menentukan nuansa dan ciri khas sauna itu sendiri.

Dalam mendesain ruangan ini Anda bisa mengkombinasikan beberapa material sekaligus. Seperti kayu, kaca, batu alam, keramik, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bahkan bisa membuat desain sauna yang unik dan special sesuai dengan keinginan. Pasalnya, sauna memang memiliki gaya yang berbeda satu sama lain.

Yang paling penting adalah pemilihan lighting agar ruangan tetap menarik. Anda bisa juga berkonsultasi kepada jasa pembuatan sauna agar mendapatkan desain yang mewah namun tetap sesuai dengan keinginan. Jasa ini bisa Anda andalkan dalam mendesain ruangan untuk sauna di rumah Anda dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai.

  1. Pembangunan ruangan

Langkah selanjutnya dalam membuat ruangan khusus sauna adalah pembangunan. Dalam langkah yang satu ini, jasa buat sauna akan mempersiapkan berbagai bahan konstruksi yang diperlukan. Tentunya semuanya sudah disiapkan sesuai dengan ukuran yang diingikan.

Proses pembangunan ruangan ini akan mulai dipasang dinding sauna yang memiliki lapisan khusus yang sudah dirancang agat sauna dapat mencapai suhu panas lebih cepat dan juga tahan lama. Tak hanya itu, mulai dipasang mula elektrikal serta plumbing secara bersamaan.

Dalam proses ini dinding kayu lebih direkomendasikan dengan memakai coating khusus agar tidak berbahaya. Hal ini agar sauna lebih tahan lama, tidak berbau, serta warna kayu yang memang lebih menarik.

Itulah beberapa proses dalam pembuatan ruang sauna yang bisa Anda ketahui. Anda bisa menggunakan ruang sauna setelah lelah beraktivitas seharian. Dengan bersauna maka Anda bisa merilekskan tubuh. Namun karena ruangan sauna cukup panas, maka tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa bersauna dengan cara yangaan. Di bawah ini informasi tersebut!

 

Tips Sesaat Sebelum Masuk Ruang Sauna

Tidak bisa dipungkiri bahwa mandi uap di dalam ruangan dengan suhu panas yang cukup memang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya dapat merilekskan otot-otot yang tegang setelah lelah beraktivitas seharian. Dengan bersauna maka Anda bisa mendapatkan tubuh dan segar kembali.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa dengan bersauna juga dapat memberikan risiko hingga membahayakan kesehatan apabila Anda tidak melakukannya dengan benar. Misalnya saja mereka yang bersauna mengalami luka bakar akibat tidak sengaja menyentuk sumber pemanas yang ada di ruangan tersebut.

Tak hanya itu, orang yang terkena serangan jantung ketika bersauna pun juga merupakan risiko yang cukup membahayakan. Pasalnya, orang tersebut menderita penyakit jantung dan cukup kaget dengan perubahan suhu yang drastis saat memasuki ruangan sauna. Atau bakan sesaat setelah keluar dari ruangan sauna dan menggunakan air dingin.

Untuk itu, gunakan beberapa tips berikut agar Anda bisa melakukan sauna dengan aman dan nyaman. Di bawah ini merupakan hal-hal yang perlu Anda lakukan sesaat sebelum masuk ke ruang sauna:

  1. Sebelum masuk sauna, ada baiknya Anda menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih.
  2. Anda juga perlu memastikan sudah mengonsumsi makanan sehat namun upayakan untuk menghindari makanan berat sekitar 30-60 menit sebelum memasuki sauna.
  3. Hindari minum minuman beralkohol.
  4. Basahi badan dengan berendam di air angat agar tubuh siap dalam menghadapi temperature yang lebih panas saat memasuki sauna.
  5. Lepaskan semua pakaian dan gunakan handuk. Atau Anda juga bisa mengenakan kaos katun dan celana pendek.
  6. Pakai topi sauna yang berbahan handuk agar kepala terlindungi dari suhu panas.

Sebelum memasuki ruang sauna, Anda perlu menerapkan beberapa hal di atas. Namun saat berada di ruang sauna, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut:

  1. Anda bisa duduk ataupun berbaring di dalam ruangan. Jika lantai tersebut dingin maka Anda bisa duduk dengan tidak menapakkan kaki agar suhu tubuh tidak jauh berbeda.
  2. Kemudian Anda bisa menekan kulit lengan, punggung, perut, hingga kaki dengan lembut. Hal ini dilakukan agar pori-pori tubuh terbuka saat bersauna. Dengan begitu, racun-racun bisa dikeluarkan dari dalam tubuh secara alami melalui keringat.
  3. Usahakan untuk menjaga pernapasan agar tetap stabil.
  4. Anda bisa menghindari tempat yang gelap pasalnya dapat memicu saraf parasimpatik yang bisa membuat Anda pingsan.
  5. Anda juga bisa menjaga ruangan agar tetap lembat dengan menambahkan air ke dalam pemanas.
  6. Jangan lupa untuk senantiasa jaga jarak dari alat pemanas.
  7. Hati-hatilah saat ingin menyiramkan air ke tungku pemanas.
  8. Anda bisa melakukan sauna dalam waktu sekitar 20 menit saja, akan tetapi jika tidak kuat Anda bisa segera keluar dari ruangan tersebut.

Setelah melakukan sauna, ada beberapa hal yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Minum air putih sebanyak 2-4 gelas.
  2. Mengejutkan badan dengan menyiramkan air dingin setelah Anda keluar dari ruangan. Namun perlu diperhatikan untuk tidak melakukannya jika Anda menderita penyakit seperti asma, jatung, ataupun Anda yang baru pertama kali bersauna.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui menenai sauna dan ruangannya. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan sauna, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter agar Anda bisa melakukan sauna dengan amand an bermanfaat.

Open chat
Ahli Ruang Sauna Spa.
Anda ingin memesan Produk Kami?