Manfaat dari Mandi dengan Batu Sauna

 

Batu sauna merupakan batu alam yang sumbernya dari vulkanik yang memiliki fungsi untuk menciptakan uap panas tanpa harus memadamkan pemanas. Selain berfungsi untuk menciptakan uap yang panas, batu sauna juga memiliki fungsi untuk menahan air, kenapa? Agar air yang dituangkan ke mesin sauna tersebut tidak langsung terkena ke elemen.

Berbicara mengenai dengan batu sauna, pastinya kita akan teringat dengan drama Korea. Setiap dramanya selalu menyajikan frame yang menggambarkan orang-orang yang lagi banyak fikiran selalu ke sauna untuk merelaksasikan badannya.  Lalu bagaimana sistem kerja dari sauna.

Ketika gelas tersebut pecah karena disiram air panas maka seperti itulah prinsip dari keduanya antara air serta elemen pemanas sauna. Batu sauna mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba itu bisa merusak elemen. Nah disitulah fungsi dari batu sauna.

Ketika air tersebut terkena batu sauna yang sudah mengalami panas, maka air itu akan secara otomatis ikut memanas mendekati suhu dari elemen tersebut. Setelah mengetahui cara dari kinerja mandi sauna, maka tidak heran banyak orang  jual batu sauna di berbagai daerah.

Langsung saja berikut ini akan disajikan berbagai manfaat dari mandi sauna! Yuk simak ulasannya untuk Anda!

 

10  Manfaat dari  mandi Menggunakan Batu Sauna

Jika Anda ingin berkeringat tetapi tidak ingin melakukan banyak gerakan atau malas untuk bergerak. Maka solusinya adalah mencoba mandi sauna.

Banyak penelitian mengatakan bahwa sauna atau pun kamar uap (steam room) dapat mengeliminasi toksin tersebut melewati keringat, meningkatkan sirkulasi, meredakan nyeri sendi serta memperkuat sistem imun yang ada di tubuh Anda. Makanya sauna menjadi trend di kalangan masyarakat Korea Selatan.  Yuks langsung saja ini 10 manfaat dari mandi sauna.

  1. Membantu membersihkan pori –pori dalam tubuh

Sauna yang menggunakan batu sauna maupun kamar uap ini bisa membuat pori-pori kulit pada tubuh Anda terbuka secara maksimal, sehingga Anda akan merasakan keringat yang laur biasa. Bersamaan keluar keringat tersebut maka pori – pori dalam tubuh itu telah dibersihkan.

Semua kotoran yang ada serta kuman dari berbagai lingkungan tempat tinggal Anda atau make –up maka akan dikeluarkan juga melalui keringat efek inilah akan merasakan tubuh menjadi lebih ringan bahkan mendapatkan kesegaran.

  1. Mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks

Setelah bekerja atau berolahraga yang cukup keras, maka yang Anda perlu lakukan adalah bersantai ria. Bersantai yang cocok untuk dilakukan adalah menjauhi hiruk-pikuk dunia untuk sementara dengan cara pergi ke sauna, karena di sanalah tempat yang sangat nyaman untuk merelaksasikan pikiran.

Ruangan dari sauna ataupun kamar uap ini walaupun hanya beberapa menit dapat membuat Anda rileks. Maka dari itu untuk Anda yang bekerja terlalu keras di luar sana haruslah diimbangi dengan hiburan  agar badan, fikiran tetap refresh.

  1. Bisa mengurangi tekanan setelah melakukan olahraga yang cukup berat

Setelah melakukan olahraga atau sesi latihan yang cukup keras tentunya akan membuat badan atau otot akan terasa lelah, kaku dan pegal. Mengembalikan otot agar lebih fresh lagi maka Anda perlu melakukan relaksasi, caranya adalah mandi sauna.

Mandi sauna di dalam ruangan akan mengeluarkan hawa yang panas, hawa inilah yang akan merelaksasikan otot-otot Anda.  Serta kamar uap ini dapat mengendurkan otot ini serta akan membantu serat otot pulih yang akan lebih cepat.

Manfaat yang terkandung dalam batu sauna inilah yang menjadi alasan sebagai salah satu alternatif bagi seseorang untuk merelaksasikan tubuhnya.

  1. Manfaat dari batu sauna bisa meredakan nyeri sendi

Banyak manfaat dari mandi sauna ini salah satunya adalah dapat membantu mengatasi atau memberikan rasa reda nyeri sementara bagi penderita arthritis, rasa reda nyeri sementara ini bisa hilang akibat efek terapi panas pada mandi sauna tersebut. Jika keluarga serta kerabat Anda yang mengalami penyakit tersebut disarankan untuk melakukan terapi di sauna secara berkala.

Ini dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan oleh negara Belanda pada tahun 2009 menunjukkan para partisipan akan menjadi berkurang rasa sakitnya, kelelahannya serta kekuatan otot setelah melakukan sesi sauna tersebut. Maka sesekali atau dijadwalkan untuk beberapa kali dalam sebulan untuk melakukan mandi sauna tersebut.

  1. Mandi sauna sangat baik untuk kesehatan jantung

Baik sauna ataupun steam room ini berfungsi sebagai menstlimulasi jantung agar memompa lebih cepat serta mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ini sama juga seperti latihan-latihan sedang untuk kesehatan jantung. Meluangkan waktu untuk melakukan mandi sauna bisa menurunkan tekanan darah tinggi bagi Anda yang memiliki penyakit tersebut.

  1. Mampu mendetoks tubuh serta melepaskan racun pada tubuh.

Sebesar apapun sehat pola hidup yang Anda terapkan serta jalankan setiap harinya, tubuh tetap menyimpan yang namanya racun. Racun – racun yang hinggap pada tubuh tersebut bisa berasal dari zat-zat kimia di sekitar lingkungan Anda. Maka untuk melepas racun dalam tersebut dengan cara mandi sauna.

Mandi sauna tersebut akan mengeluakan keringat secara perlahan –lahan dan lama –kelamaan tubuh akan basah, dengan keluarnya keringat tersebut maka tubuh secara tidak langsung telah melalui proses detoksisasi serta melepaskan racun – racun pada tubuh.

  1. Bisa membuat kulit tampak lebih cerah

Terapi panas sauna ini dapat memperbaiki jaringan – jaringan pada kulit Anda yakni dengan cara menstimulasi aliran – aliran darah serta melepaskan sel –sel kulit yang mati. Hasil yang didapat adalah kulit yang bersih, segar serta terasa lebih bersih.

  1. Meningatkan sirkulasi darah

Berjemur memang memberikan kesehatan bagi tubuh sehingga imun akan terbentuk secara kuat. Akan tetapi bagi Anda yang malas untuk berjemur karena berefek pada kecerahan kulit, maka cara yang paling ampuh adalah dengan cara mandi sauna

Sauna ini menghasilkan panas yang sangat aman dan nyaman untuk memompa jantung serta dapat menyebabkan meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh.

Dibuktikan pada sebuah artikel oleh Harvard Medical School, isinya adalah bahwa sauna dapat membuat detak jantung meningkat 30 persen atau bahkan lebih sehingga menyebabkan jantung dalam memompa darah hampir dua kali lipatnya pada setiap menitnya.

  1. Meredakan mabuk

Memang tidak ada obat yang bisa menyembuhkan bagi orang – orang yang sudah mempunyai kebiasaan minum alkhohol, karena sudah menjalar dalam kehidupannya. Akan tetapi, gejala mabuk tersebut bisa diredakan sementara dengan cara menggunakan sesi sauna. Selama paparan yang dihasilkan oleh mandi sauna tersebut berefek pada tubuh secara aman, maka rasa pusing akibat mabuk dapat dihilangkan.

Tetapi, Anda harus lebih waspada dan berhati – hati agar tidak terjadi yang namanya dehidrasi. Dehidrasi tersebut rentan terjadi pada orang – orang yang memiliki kebiasaan mabuk.

  1. Mampu meningkatkan kelenturan

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti, bahwa melakukan peregangan (streching) saat mandi sauna tersebut akan berefek pada peningkatan kelenturan tubuh hingga mencapai 205 persen. Penelitian tersebut memang sudah dibuktikan, maka dengan adanya pembuktian tersebut banyak yang menjualnya. Banyak yang menjual dengan harga yang murah serta bervarian.

Bisnis jual batu sauna ini menjadi ladang bisnis serta memberikan manfaat bagi orang karena kandungan dari barang tersebut.  Itulah 10 manfaat dari batu sauna serta informasi sedikit mengenai batu sauna yang dijual diberbagai daerah. Semoga bermanfaat !

Open chat
Ahli Ruang Sauna Spa.
Anda ingin memesan Produk Kami?