Perawatan spa sekarang tidak sekedar melakukan sauna saja, melainkan dilengkapi dengan aneka fasilitas seperti kolam panas dan dingin. Fungsinya untuk berendam setelah melakukan sauna. Meskipun tidak sauna, Anda bisa langsung mandi di kolam panas dan dingin. Sekarang kolam panas dan dingin tidak hanya berada di tempat umum, tetapi dapat dibangun pribadi. Salah satu persiapannya melakukan instalasi perpipaan kolam panas dan dingin.

Proses instalasi perpipaan kolam panas dan dingin hanya dapat dilakukan oleh para ahli pembuat kolam. Mereka dapat memasang pipa di sepanjang spot kolam yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, jasa juga dapat menentukan jenis pipa terbaik yang biasa digunakan pada instalasi perpipaan kolam panas dan dingin. Berbeda dengan Anda tidak mengetahui jenis pipa untuk kolam, oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis pipa untuk menambah pengetahuan.

 

Instalasi Perpipaan Kolam Panas dan Dingin Menentukan Jenis Pipa

                Pipa dapat mempermudah jalannya saluran air di kolam, sehingga pemasangan pipa harus dilakukan dengan benar. Jika instalasi perpipaan kolam panas dan dingin tidak dilakukan secara benar maka dapat menyebabkan saluran tersumbat. Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna kolam.

Air yang digunakan untuk kolam ada dua jenis, air panas dan dingin. Kedua jenis air ini dapat membuat pipa rusak karena suhunya selalu berubah. Solusi mengatasinya yaitu menggunakan jenis pipa yang tepat. Berikut merupakan jenis pipa yang sering digunakan pada instalasi perpipaan kolam panas dan dingin.

  1. Pipa CPVC (Chorinated Poly Vinyl Chloride)

Pipa CPVC termasuk jenis pipa yang tahan terhadap suhu panas hingga lebih dari 170 0C. CPVC tahan terhadap suhu tinggi karena dipengaruhi ketebalan pipanya. Ketebalan pipa bisa dilihat langsung ketika membeli. Ada beberapa pilihan ketebalan pipa yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. CPVC sangat direkomendasikan untuk instalasi perpipaan kolam panas dan dingin.

Warna pipa CPVC yaitu orange,  diameter luarnya hampir sama dengan pipa jenis PEX dan tembaga. Karena hampir sama, proses fitting-fitting pipanyapun persis seperti pipa PEX dan tembaga. Perlu diketahui bahwa proses penyambungan pipa menggunakan lem khusus. Daya rekat lemnya sangat kuat, sehingga sambungannya tidak mudah lepas.

  1. Pipa PEX (Cross Linked Polye Ethylene)

Instalasi perpipaan kolam panas dan dingin juga kerap menggunakan pipa PEX atau XLPEI. Pipa ini sering digunakan pada bangunan besar dan hotel karena awet serta harganya kompetitif. PEX merupakan jenis pipa yang tahan dengan air panas maupun dingin. Berbeda dengan CPVC, penyambungan pipa PEX menggunakan shock (penyambungan khusus pada pipa PEX). PEX dilengkapi dengan cincin penghalang, fungsinya untuk mengamankan penyambungan pipa.

  1. Pipa HVAC

Instalasi perpipaan kolam panas dan dingin dapat menggunakan jenis pipa HVAC. Jenis pipa ini khusus digunakan instalasi refrigerant yang karakteristiknya tahan terhadap suhu dingin dan panas. Pipa HVAC terbuat dari bahan tembaga yang bisa dipasang di bawah tanah maupun di atas tanah. Dilengkapi dengan pengaman, fungsi pengaman yaitu melindungi pipa agar tidak rusak akibat pengasaman di dalam tanah.

Pipa HVAC kuat dan tahan lama. Kekuatan pipa sudah terbukti dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Proses penyambungan pipa menggunakan penyolderan dan pengelasan. Proses tersebut dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi kebocoran pipa. Harga pipa HVAC lebih mahal dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Oleh karena itu, jarang sekali yang memakai pipa HVAC untuk instalasi perpipaan kolam panas dan dingin. Kebanyakan memilih pipa PEX, karena harganya murah.

  1. Pipa galvanis

Selanjutnya ada pipa galvanis yang merupakan pipa besi dilapisi baja. Pipa galvanis membutuhkan banyak pengerjaan, mulai dari pemotongan hingga penyambungannya harus dilakukan secara hati-hati. Penyambungan pipa memerlukan waktu agak lama karena metode penyambungannya menggunakan draft dan alat khusus.

Pipa galvanis aman digunakan untuk instalasi pemasang pipa dalam atau di luar tanah. Seperti popa HVAC, pipa galvanis juga dilengkapi dengan pengaman bawah tanah. Tujuannya untuk membuat pipa awet dan tahan terhadap korosi yang disebabkan oleh kandungan asam dalam tanah.

  1. Pipa PVC (Poly Vinyl Chloride)

Pipa PVC sering digunakan pada pemasangan instalasi air hujan, drainase, air bekas, dan air bersih. Penggunaan pipa PVC sering kita temui di rumah, bangunan, rumah spa, kolam renang panas dan dingin. Pipa PVC memiliki keunikan sendiri yaitu pada warnanya. Terdiri dari berbagai variasi warna, nah warnanya menentukan pemakaian pipa tersebut. Contohnya seperti pipa PVC warna putih digunakan untuk segala jenis pemakaian, warna ungu digunakan sebagai instalasi pada air reklamasi, dan masih banyak warna lainnya.

Ketebalan pipa PVC beragam, ketebalan pipa disebut schedule. Biasanya schedule pipa yang sering digunakan jasa instalasi perpipaan komlam renang panas dan dingin ukuran 40. Saat menggunakan pipa PVC, Anda dianjurkan untuk melakukan penyambungan menggunakan lem khusus PVC. Lem PVC mampu memperkuat sambungan agar tidak bocor.

Proses penyambungan tidak hanya menggunakan pipa PVC saja, melainkan harus diberi bahan lain seperti pipa besi atau galvanis. Penggunakan bahan lain sebagai shock draft dengan tujuan memperkuat sambungan supaya tidak mudah patah.

Itulah berbagai macam jenis pipa yang digunakan pada proses instalasi perpipaan kolam panas dan dingin. Setiap jenis pipa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, Anda harus menentukan pilihan pipa yang tepat. Setelah menentukan pilihan, Anda bisa melakukan pengukuran pipa yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam renang panas dan dingin. Bila sudah fix ukurannya, Anda tinggal beli di toko terdekat.

 

Sistem Instalasi Perpipaan Kolam Air Panas dan Dingin

                Pemasangan pipa dibagi menjadi tiga yaitu instalasi perpipaan di atas tanah, dibawah tanah, dan dibawah air. Pemasangan di atas tanah menggunakan pipa rack yang berfungsi sebagai penyangga. Pipa kemudian disusun rapi pada rak penyangga. Pipa tanah diletakkan pada permukaan, tetapi tetap dilindungi oleh pengaman pipa supaya tidak goyang jika terkena sesutu.

Pipa dalam tanah adalah pipa dipendam di bawah tanah. Pipa dipendam dengan kedalaman sedang. Disana pipa bisa bercampur dengan kandungan asam tanah, sehingga sistem pengaman pipanya harus diperkuat.

Mengingat pemasangan instalasi perpipaan kolam panas dan dingin lumayan sulit maka, Anda memerlukan bantuan jasa untuk memasangnya. Habis membeli pipa, panggilah jasa instalasi perpipaan kolam panas dan dingin. Utarakan kepada mereka desain kolam yang diinginkan, kemudian mereka bergegas mengerjakannya. Terkadang jasa juga memberikan masukan instalasi perpipaan yang baik untuk pemasangan lebih maksimal.

Jika Anda takut menggunakan jasa instalasi perpipaan kolam panas dan dingin karena biaya, sebaiknya menanyakan harganya terlebih dahulu. Biaya pemasangan tergantung pekerjaan yang mereka lakukan. Biasanya jasa sudah mematok harga sesuai dengan pekerjaan namun terkadang mereka memberikan bonus berupa diskon pelanggan. Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan diskon harga instalasi perpipaan kolam panas dan dingin.

Open chat
Ahli Ruang Sauna Spa.
Anda ingin memesan Produk Kami?