Ketika seseorang mendengar kata sauna maka yang terlintas dalam fikiran kita adalah relaksasi, bersantai, layaknya spa. Sauna terkadang menjadi dari penutup seluruh rangkaian dari spa. Namun ternyata spesialis buat sauna mengatakan bahwa, sauna tersebut memiliki kualitas manfaat seperti dengan orang – orang yang sedang berolahraga.

Bisa dibayangkan ketika kita melakukan sauna hanya dengan relaksasi tubuh tanpa harus bersusah payah untuk loncat – loncat, bersepeda, lari – lari. Sauna memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Ketika Anda bisa membayangkan sauna maka detak jantung dan tekanan darah akan menjadi pelan nan tenang namun justru sebaliknya. Ada manfaat sauna yang luar biasa dibalik tubuh utamanya jika dilakukan secara konsisten.

Manfaat ini sangat memberikan efek luar bias  yang tidak bisa disangka, sangka. Bahkan sekarang ini banyak orang yang mendatangkan spesialis buat sauna khusus untuk belajar lebih mendalam mengenai hal tersebut. Tentunya dengan adanya spesialias buat sauna tersebut sangat membantu menambah informasi mengenai sauna agar tidak salah mempergunakan.

Ahli sauna telah mengatakan banyaknya manfaat untuk kesehatan tubuh, hal tersebut telah dibuktikan dari penelitian – penelitian yang ada. Temuan terbaru yang ditemukan oleh ahli sauna Martin Luther University Halle-Wittenberg (MLU) serta Medical Center Berlin (MCB).

 

Ahli Sauna Mengungkapkan Penelitian Manfaat dari Sauna

Penelitan yang melibatkan berbagai peserta dari daerah untuk melakukan bersepeda dan sauna tersebut ditemukan hal – hal yang menarik. asumsi yang telah beredar adalah ketika melakukan sesi sauna maka tekanan darah akan turun serta detak jantung tersebut pun akan mengalami perlambatan. Nyatanya hasilnya justru sebaliknya.

Penelitian ini telah melibatkan 19 partisipan dari berbagai daerah untuk melakukan bersepeda dan sauna pada hari yang berbeda. Pengukuran tersebut tidak hanya pada tekanan darah, namun detak jantung pun diukur.

Pertama, partisipan dimintai oleh ahli sauna selama 25 menit sebelumnya detak jantung serta tekanan darah diukur. Ketika dilihat tekanan darah sekaligus detak jantung terus mengalami peningkatan. Setelah sesi sauna tersebut usai maka barulah tekanan darah serta detak jantung bisa menurun bahkan di bawah levelnya sebelum melakukan sesi sauna tersebut.

Kedua, hari selanjutnya partisipan diminta untuk melakukan bersepeda. Lagi – lagi detak jantung serta tekanan darah mereka diukur. Hasilnya, sangat menakjubkan bahwa levelnya sama di antara dua aktivitas tersebut. setelah melihat hasil dari keduanya dapat disimpulkan bahwa penelitian diatas mengenai manfaat sauna sama dengan manfaat berolahraga ringan.

Hasil dari penelitian oleh ahli sauna yang telah melakukan observasi serta temuan – temuan baru tersebut dapat mematahkan teori yang telah beredar di masyarakat, bahwa sauna bisa memicu tekanan darah itu menjadi cepat turun. Bahkan sebagian dari masyarakat penderita darah rendah sangat dianjurkan untuk menghidari sauna tersebut.

Nyatanya manfaat sauna tersebut memiliki jangka panjang yang baik untuk jantung. Artinya sauna tersebut menjadi alternatif yang baik untuk mereka yang kurang suka berolahraga. Bagi orang yang sering melakukan sauna berarti secara tidak langsung juga mengikuti untuk mengurangi resiko jantung hingga demensia, karena panas tersebut yang diterima oleh badan akan mengurangi kakunya pembuluh darah.

 

Penelitian Manfaat Sauna di Negara Finlandia

Selain ditemukan oleh kedua ahli sauna tersebut di atas, temuan menarik mengenai  manfaat dari sauna juga telah ditemukan di studi Finlandia, tempatnya asal – asal itu menjadi mandi sauna. Partisipan yang mengikuti adalah 102 orang dewasa berusia 40-50 tahun. Setiap dari partisipan mengikuti satu sesi mandi khasnya dari Finlandia dengan suhu 71 derajat Celsius.

Tekanan darah turun serta pembuluh darah juga mengalami keelastisan terlihat dari manfaat yang dihasilkan oleh sauna. Sementara itu detak jantung yang tadinya hanya 65 kali permenit bisa menjadi 81 kali permenit.

 

Manfaat Sauna untuk Kecantikan.

Banyak yang mengatakan bahwa sauna dapat menurunkan berat badan, padahal hal tersebut merupakan konsep yang salah kapah. Bahkan dari mereka sampai mendatangkan spesialis buat sauna untuk membuktikan hal tersebut agar hobi mereka yang melakukan mandi sauna tersebut bisa terwujud. Namun nyatanya hasilnya tidak.

Ketika seseorang tersebut telah melakukan sesi sauna tidak ada terjadi pergerakan otot berarti tidak terciptanya suatu pergerakan – pergerakan yang bisa membuat berat badan turun. Lalu keringat yang keluar saat melakukan sauna tersebut bagaimana? Itu hanyalah sebuah cairan yang telah dikeluarkan tubuh akibat panas diruangan, maka dari itu selepas sauna dianjurkan untuk segera minum.

Lalu manfaat sauna selain di atas apa? Manfaat sauna banyak jenisnya. Banyak yang tidak menyadarinya bahwa sauna juga memiliki keistimewaan untuk kecantikan. Bahkan manfaat sauna tersebut juga bisa mencegah penuaan dini.

  1. Bisa Memberantas Komedo Jahat.

Nyata mandi sauna tersebut dapat membersihkan pori – pori pada kulit wajah. Kebanyakan perempuan Jepang dan Korea melakukan sesi sauna tersebut untuk mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Anda juga bisa melakukan sauna untuk kulit utamanya di wajah yang bebas komedo, sehingga penampilan kulit Anda akan semakin terlihat sempurna.

  1. Pemutih Kulit yang Aman

Mandi sauna juga bisa dijadikan sebagai langkah alternative untuk bisa memutihkan kulit. Kolagen pada kulit akan meningkat ketika melakukan sauna sehingga efektivitas tersebut bisa menjadikan kulit menjadi putih alami, kulit cerah, dan halus.

  1. Kulit akan menjadi Halus dan Kencang

Selain bisa memutihkan kulit, memberantas komedo nyatanya melakukan sauna secara konsistensi akan menjadikan kulit semakin kencang nan halus.  Hal tersebut karena saat melakukan proses sauna sel- sel kulit mati terangkat secara sempurna.

  1. Detoksifikasi

Mandi sauna secara rutin maka secara tidak langsung akan mengeluarkan racun dalam tubuh. Sauna ini bisa mendetoksifiasi racun. Uap yang dihasilkan dari sauna akan masuk ke dalam pembuluh darah serta mengedarkannya ke peredaran darah menjadi lancar, sehingga hasilnya bisa menyebabkan tekanan darah pada kelenjar keringat.

Namun, dibalik adanya manfaat – manfaat tersebut ketika sauna dilakukan pada orang serta caranya yang tidak tepat maka bisa menyebabkan bahaya. Maka dari itu datangkanlah spesialis buat sauna agar bisa secara tepat untuk melakukan sesi – sesinnya.

Sauna aman ketika dilakukan oleh orang – orang yang memang memiliki kondisi secara normal serta mempunyai tubuh secara fit. Sauna juga cocok dilakukan oleh penderita jantung koroner namun tidak boleh dilakukan dalam jangka yang lama. Sauna ini tidak dianjurkan bagi pasien angina yang tidak bisa stabil, tekanan darah yang tidak terkontrol, gangguan irama jantung, pasien gagal jantung tingkat lanjut.

Maka dari itu ketika Anda ingin melakukan sauna, perhatikanlah rambu – rambu ini :

  1. Saat melakukan sauna lebih dari 20 maka harus cukupi cairan dengan minum air putih, minimal 2 gelas. Dilakukan sebelum dan sesudah sauna agar tidak terjadi dehidrasi.
  2. Ketika saat sauna merasa sakit maka harus segera sudahi.
  3. Setelah melakukan sauna maka dinginkan tubuh secara perlahan – lahan.
  4. Bagi kalian yang baru melakukan sauna maka disarankan agar membatasi waktu penggunaan sauna hingga 15 menit. Setelah beberapa kali telah melakukan sauna maka tubuh akan terbiasa dengan suhu ruangan, maka sesi bisa lebih ditingkatkan lagi menjadi 30 menit.
  5. Jangan mengkonsumsi obat – obatan serta alkhohol yang bisa membuat tubuh bisa panas.

Itulah tadi informasi mengenai manfaat sauna bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Semoga bermanfaat!. Bagaimana tertarik mencobanya?.

Open chat
Ahli Ruang Sauna Spa.
Anda ingin memesan Produk Kami?