Padatnya aktivitas seseorang tentu membuatnya lebih mudah merasa capek dan stres. Kondisi tersebut membuat tubuh dan pikiran menjadi tegang. Sehingga dibutuhkan solusi agar pikiran dan tubuh kembali rileks dan lebih bersemangat. Manfaat sauna dipercaya bisa membuat tubuh dan pikiran terasa rileks, terutama bagi Anda yang disibukkan oleh pekerjaan sehari-hari.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui manfaat sauna, menjadikan semakin banyak pula jasa sauna dan spa di berbagai wilayah. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke tempat sauna, maka kini bisa mencoba sauna di rumah. Namun Anda harus memasang peralatan dan perlengkapan sauna, baik dengan memasang sendiri atau menggunakan jasa pemasangan sauna.

 

Manfaat Sauna Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Manfaat sauna tidak hanya dapat membuat tubuh maupun pikiran menjadi rileks. Terdapat banyak manfaat sauna bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda tidak perlu ragu melakukan mandi sauna terutama saat di rumah. Berikut beberapa manfaat dari mandia sauna yang perlu Anda ketahui.

  1. Menghilangkan Stres

Manfaat sauna yang pertama yaitu bisa menghilangkan stres. Bagi Anda yang sering merasakan stres akibat pekerjaan yang menumpuk dan padat, sebaiknya segera lakukan sauna. Dengan sauna, Anda bisa melepas stres dan merasa santai dibandingkan sebelumnya. Bahkan, Anda juga melupakan sejenak tugas-tugas maupun beban pekerjaan di kantor. Selain itu, sauna juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan membantu pelepasan hormon endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan tenang.

  1. Membuang Racun dari Dalam Tubuh

Sauna juga dapat membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Dimana racun-racun tersebut dikeluarkan melalui keringat yang dihasilkan dari mandi sauna. Keringat tersebut bisa membilas sisa racun yang ada pada tubuh Anda. Melalui sauna, tubuh Anda akan lebih sehat dan terbebas dari racun-racun yang berbahaya.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan berlebih, sebaiknya wajib mencoba mandi sauna. Sebab salah satu manfaat sauna yaitu membantu menurunkan berat badan. Ketika berada di dalam ruangan sauna, biasanya detak jantung Anda akan semakin meningkat akibat rasa panas yang muncul. Dengan bersauna kurang lebih 20 menit pada suhu 75 derajat Celcius, maka bisa membakar sebanyak 500 kalori. Selain itu, sauna tersebut juga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

  1. Menguatkan Sistem Imun

Bersauna dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh seseorang. Sebab saat Anda bersauna, tubuh akan menghasilkan sel darah putih secara lebih cepat dan berguna untuk melawan kuman dan infeksi. Tentu saja, hal ini dapat membantu Anda agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Saat sauna, Anda akan merasakan suhu tinggi yang dapat berdampak baik bagi kerja jantung. Hal tersebut dapat membuat peredaran darah semakin lancar dan maksimal sehingga otot pada jantung bisa bekerja lebih baik. Dengan demikian detak jantung bisa lebih stabil dan menjadikan jantung lebih sehat.

  1. Menghilangkan Nyeri Pada Otot

Manfaat sauna selanjutnya yaitu menghilangkan rasa nyeri pada otot maupun sendi. Rasa panasa uang muncul dari ruang sauna dapat memberikan efek menenangkan bagi otot maupun sendiri. Selain itu, panas dari sauna juga dapat memperlancar peredaran darah.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Dengan rutin bersauna, maka dapat membantu meningkatkan stamina tubuh Anda. Apabila stamina meningkat, Anda bisa memperoleh daya tahan tubuh yang lebih kuat terutama ketika berolahraga fisik. Selain itu, tubuh juga tidak mudah merasa capek sehingga dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja.

  1. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Jika selama ini Anda bermasalah dengan tidur yang tidak nyeyak, sauna bisa menjadi solusinya. Saat bersauna, tubuh dapat menghasilkan hormon endorgin dalam jumlah banyak. Dimana hormon tersebut akan memberikan rasa tenang, bahagia dan rileks pada diri Anda sehingga Anda bisa merasakan tidur yang lebih nyenyak.

 

 

  1. Menyehatkan Rambut

Rutin bersauna juga dapat menyehatkan rambut karena saat sauna kelenjar sebaceous di kepala dapat bekerja lebih aktif. Hal tersebut akan membuat rambut semakin sehat dan kuat.

  1. Membuat Awet Muda

Mandi sauna, dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh karena aliran darah yang semakin lancar. Hal ini akan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru dan membuat Anda terlihat awet muda.

 

Tips Membuat Sauna di Rumah yang Nyaman

Setelah mengetahui berbagai manfaat sauna, tentu Anda semakin yakin untuk membuat sauna sendiri di rumah. Namun dibutuhkan persiapan yang matang ketika ingin membangun sauna di rumah. Agar pembuatan sauna berjalan lancar, berikut beberapa tips membuat sauna sendiri di rumah yang bisa menambah wawasan Anda.

  1. Pilih Membuat Sendiri atau Beli Jadi

Sebelum memulai membuat sauna di rumah, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu ingin membuat sauna sendiri atau membeli yang sudah jadi. Saat ini sudah banyak jasa pemasangan sauna yang menyediakan sauna portable dan bisa dipindah tempat. Membuat sauna sendiri kemungkinan lebih murah dibandingkan membeli yang sudah jadi atau portable. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya beli yang sudah jadi atau mempercayakannya pada jasa pasang sauna. Jangan lupa menambahkan lubang ventilasi supaya aliran uap sauna berjalan lancar.

  1. Tentukan Tempat Sauna

Selanjutnya pertimbangkan ingin menempatkan sauna di luar atau di dalam ruangan. Umumnya sauna diletakkan di dalam ruangan, tetapi sauna di luar ruangan bisa memberikan kesan yang berbeda. Anda bisa juga memilih tempat sauna yang berada di dekat kolam renang dan menghadap pemandangan agar memberikan kesan yang tenang.

  1. Ketahui Jenis Materialnya

Untuk membuat sauna di rumah, sebaiknya cari tahu jenis material pembuatan sauna tersebut. Biasanya kayu pohon cedar banyak dipilih karena memiliki aroma menyenangkan serta tidak gampang patah. Selain itu, bahan kayu ini juga tidak gampang menyerap panas yang berlebihan. Selain kayu pohon cedar, Anda juga bisa menggunakan jenis kayu lain seperti spruce dan hemlock. Sedangkan untuk bagian lantai bisa menggunakan keramik, beton dan bahan lain yang lebih awet. Hindari membuat langit-langit ruangan sauna yang terlalu tinggi karena bisa membuat panas menjadi tidak maksimal.

  1. Memilih Sumber Panas

Panas yang dihasilkan sauna berasal dari dua cara yakni memakai sauna inframerah yang terbaru dengan memanfaatkan elemen panas radiasi dan memakai cara tradisional dari bakaran kayu.

  1. Menentukan Ukuran Sesuai Kebutuhan

Sebelum membuat sauna di rumah, sebaiknya tentukan terlebih dahulu ukuran ruangan sauna yang dibutuhkan apakah besar atau kecil. Memilih ukuran sauna sesuai kebutuhan tentu membantu Anda bisa menyesuaikan budget.

Sauna memiliki manfaat yang banyak, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Untuk memperoleh berbagai manfaat sauna tersebut, Anda tidak harus datang secara rutin ke tempat sauna dan spa. Sebab kini Anda bisa membangun sendiri sauna di rumah yang tak kalah nyaman dan menyenangkan. Namun jika Anda kesulitan membuat sauna sendiri, sebaiknya percayakan pada jasa pemasangan sauna.

Open chat
Ahli Ruang Sauna Spa.
Anda ingin memesan Produk Kami?