Ruang sauna hanya bisa Anda temukan di negara Eropa. Negara Indonesia masih belum menghadirkan ruang sauna khusus. Bila Anda ingin membuat ruang sauna, bisa ditempatkan di rumah. Pilihlah ruang sauna minimalis supaya tidak memakan tempat yang banyak dalam rumah. Keunggulan memiliki ruang sauna minimalis di rumah yaitu dapat menggunakan ruang sauna kapan saja, tanpa pergi ke tempat perawatan tubuh.

Pembuatan ruang sauna minimalis biasanya dari bahan-bahan alami seperti kayu. Bagian dalamnya berisi beberapa elemen batu, tumbuhan, dan pemanas. Fungsi ruang sauna yaitu menghangatkan tubuh dan dapat mengeluaran racun maupun kotoran melalui keringat. Mengingat fungsi ruang sauna yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh maka, ruang sauna minimalis bisa dibuat di rumah untuk terapi kesehatan.

 

Pembuatan Ruang Sauna Minimalis

                Seharian penuh melakukan pekerjaan yang melelahkan. Rasanya ingin istirahat dengan santai sambil menikmati sauna. Melakukan sauna dipercaya mampu mengembalikan semangat. Namun, sayangnya melakukan sauna di luar sangat malas karena harus ke tempat perawatan terlebih dahulu. Solusinya supaya bisa menikmati ruang sauna setiap hari tanpa pergi keluar yaitu melakukan pembuatan ruang sauna sendiri.

Sauna terdiri dari dua macam yaitu sauna basah dan kering. Sauna basah cenderug lebih lembab karena menggunakan sumber panas kayu. Hasilnya, pengguna sauna bisa merasakan mandi uap yang lembab. Sauna kering biasanya menggunakan pemanas dari bebatuan dan pemanas listrik. Uap yang dihasilkan tidak sebanyak dari sauna basah. Kebanyakan orang memilih membuat sauna kering karena harganya lebih murah dan memberikan manfaat meningkatkan metabolisme.

                Biaya untuk pembuatan ruang sauna minimalis tidak sedikit, jadi pastikan bahwa Anda mempersiapkan pembuatan ruang sauna minimalis  mulai dari memilih bahan yang murah agar biayanya tidak terlalu besar. Sekarang ada ruang sauna langsung jadi, Anda bisa membelinya langsung pada jasa pembuatan. Bila Anda tidak ingin ruang sauna langsung jadi, sebaiknya membuat ruang sauna sendiri.

Berikut merupakan tips pembuatan ruang sauna minimalis sendiri dengan budged minim.

  1. Menentukan ukuran

Ingin membuat ruang sauna di rumah tidak perlu berukuran besar, ukuran ruang sauna disesuaikan dengan kebutuhan. Ruang sauna minimalis biasanya berukuran kecil yang bisa memuat dua orang. Keuntungan membuat sauna ukuran kecil yaitu menghemat tempat dan biayanya lebih murah dibandingkan dengan sauna ukuran besar. Pada umumnya ruangan sauna hanya berkisar 1.5×2 m.

  1. Menentukan tempat ruang sauna

Tentukan penempatan ruang sauna, Anda bisa meletakkan ruangannya di dekat kamar mandi, dekat kolam renang atau lainnya. Lebih baik menempatkan ruang sauna di sudut rumah yang umum (dapat diakses oleh seluruh orang rumah). Anda juga bisa memanfaatkan ruangan sisa, misalnya seperti di bawah tangga.

Kalau bisa tempatkan ruang sauna dipinggir jendela yang menghadap langsung ke pemandangan luar, supaya pengguna ruangan bisa menikmati pemandangan indah sambil sauna.

  1. Memilih material yang tepat

Ruang sauna identik dengan bahan kayu. Pilihlah elemen kayu yang cirinya tidak memiliki pori-pori besar agar panas tidak mudah diserap. Salah satu jenis kayu yang direkomendasikan untuk membuat ruang sauna adalah kayu Jatibelanda / Pinus. Kayu dari pohon Jatibelanda memiliki kelebihan. Adapun kelebihannya yaitu mudah menyerap panas, memiliki aroma khas, dan kayunya tidak mudah patah.

Pilihan material lain yang dapat digunakan adalah kayu Ramin, kayu Jelutung.

Bahan tersebut dapat digunakan untuk dinding sauna, sedangkan bagian lantai sauna harus memilih materil yang Lebih tebal  terhadap bagian dinding. Pasalnya ruang sauna selalu lembab, bila lantainya tidak tahan kelembapan maka dapat mempengaruhi kerusakannya. Tidak hanya itu, lantai juga dapat ditumbuhi oleh kuman dan bakteri penyakit.

  1. Menentukan sumber panas ruang sauna minimalis

Pembuatan ruang sauna selanjutnya yang penting yaitu menentukan sumber panas. Secara umum, sumber panas sauna yaitu tradisional dan modern berasal dari listrik. Untuk sumber panas tradisional menggunakan lisrik, sedangkan sumber panas modern memakai panas listrik/radiasi .

Panas radiasi disebut juga sauna dengan teknologi terbaru inframerah. Panas yang dikeluarkan dapat disalurkan langsung ke tubuh pengguna ruang sauna. Efeknya, keringat dapat keluar lebih cepat. Waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan keringat secara maksimal yaitu selama satu jam.

Selain sumber panas, Anda perlu meletakkan thermometer pada bagian dinding sauna. Fungsi thermometer yaitu mengatur suhu di ruangan supaya cocok untuk sauna.

  1. Tentukan tinggi ruang sauna

Jangan membuat sauna dengan atap tinggi karena sumber panas akan mengumpul pada bagian atas. Maksimal tinggi ruang sauna adalah 7 kaki atau 210 cm, usahakan tidak melebihi tinggi tersebut agar penguapan panas berkumpul pada bagian bawah.

Itulah tips pembuatan ruang sauna minimalis. Bagi Anda yang ingin membuat ruang sauna di rumah sendiri bisa menggunakan tips di atas. Sebenarnya membuat ruang sauna itu mudah, asalkan Anda mengetahui material apa saja yang dibutuhkan.

 

Cara Pembuatan Ruang Sauna Minimalis yang Nyaman

                Anda telah menyelesaikan pembuatan ruang sauna minimalis, selanjutnya pikirkan bagaimana caranya membuat ruang sauna yang nyaman. Menurut Ari Indra, seorang desain interior profesional ini mengungkapkan bahwa ruang sauna nyaman dapat diciptakan dengan meletakkan berbagai macam aksesoris seperti ember sauna, gayung kayu, lampu sauna, dan tempat meletakkan handuk.

Bagian luar ruang sauna juga dapat ditambahkan aksesoris kaca, tanaman rambat yang terbuat dari plastik dan lainnya. Tujuan meletakkan beberapa aksesoris di depan ruang sauna yaitu membuat tampilannya indah. Tanaman plastik berwarna hijau mampu menciptakan suasana ruangan yang asri dan segar.

Ruang sauna ditutup dengan rapat, meski begitu Anda harus memakai penyaring udara supaya udara di dalam ruangan dapat mengalir dengan baik. Penyaring udara yang diletakkan bagian samping ruangan bisa menjaga kualitas udara di dalam sauna, jadi udara di dalam sauna tetap bersih dan menyehatkan.

 

Penggunaan Rempah di Pembuatan Ruang Sauna Minimalis

Pembuatan ruang sauna minimalis pribadi telah selesai, sekarang Anda dapat melakukan perawatan saun di rumah setelah kerja atau melakukan aktivitas lain. Saat melakukan sauna, ada baiknya menggunakan rempah agar perawatannya maksimal. Manfaat rempah-rempah yaitu membuka pori-pori tubuh, melancarkan aliran darah, dan menjaga kesehatan kulit secara alami.

Bahan rempah-rempah yang dapat digunakan yaitu jahe, kunyit, pala, kayu manis, dan lada. Jagan gunakan bahan rempah dengan cara mencampurnya ke mesin steam uap. Menggunakan salah satu jenis rempah untuk perawatan tubuh menyebabkan aroma uap sangat menenangkan, sehingga Anda bisa merasakan aroma terapi yang bisa membuat pikiran rileks.

Mungkin penggunaan rempah dalam sauna masih jarang dilakukan, karena biasanya di tempat perawatan menggunakan aromaterapi instan. Pengganti rempah adalah scrub khusus yang dioleskan ke seluruh tubuh sebelum melakukan spa. Scrub digosokkan ke permukaan kulit selama 5 sampai 10 menit, fungsi scrub sauna yaitu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori kulit. Efeknya dapat menyalurkan panas ke tubuh secara maksimal.

Open chat
Ahli Ruang Sauna Spa.
Anda ingin memesan Produk Kami?